Jumat, 17 Oktober 2014

PROPOSAL PERENCANAAN USAHA SOTO SEDAP



I. LATAR BELAKANG
Dewasa ini seiring perkembangan zaman, semakin bertambah pula jumlah penduduk. Sejalan dengan itu dengan sedikit membaiknya kondisi ekonomi kita paska krisis, kita melihat gelait ekonomi dan konsumsi yang cukup menjanjikan. dan Selain itu juga banyaknya bahan baku yang melimpah dan mudah diperoleh memunculkan sebuah ide untuk membuka usaha “Soto Sedap” 
Usaha Soto merupakan bisnis yang cukup menjanjikan, terutama untuk usaha mie gerobak dan kios. Indikasinya terlihat dari tumbuhnya usaha ini setiap tahunnya, di mana kita melihat semakin banyaknya orang yang berwirausaha di bidang ini. 
Menurut beberapa pengusaha Soto, peluang usaha ini masih terbuka mengingat banyaknya penggemar Soto. Walaupun banyak saingan usaha ini masih cukup menggiurkan salah satu kuncinya adalah bagaimana membuat resep Soto yang enak. Selain itu pengaruh tempat juga menentukan. Dengan pengelolaan yang baik usaha ini akan berjalan dengan sukses.

II. Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan penulis memilih produk ini, yaitu :
a. Menumbuhkan jiwa mandiri
b. Membuka usaha kecil ( berwirausaha)
c. Mencari penghasilan 

III. Analisis SWOT
S (Strength) - Kekuatan 
a. Soto digemari hampir semua kalangan
Soto merupakan salah satu jenis makanan ringan yang disukai oleh semua kalangan baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa.
b. Harganya soto terjangkau semua kalangan.
c. Soto merupakan makanan ringan yang terjangkau haraganya sehingga setiap orang mampu membelinya
d. Rasanya enak dan unik
Dalam pembuatan “SOTO SEDAP”menggunakan resep yang yahud, bumbu-bumbu yang ciamik. Soto ini disajikan sesedap mungkin, sesuai namanya SEDAP.

e. Bahan bakunya terjangkau dan mudah diperoleh
Ini dikarenakan dalam proses produksinya produsen tidak membutuhkan banyak bahan baku yang mahal selain itu bahan baku tersebut mudah diperoleh.
f. Cara pembuatannya mudah 
Karena tidak terlalu banyak bahan yang digunakan dan langkah dalam pembuatannya tidak memerlukan waktu yang lama, membuat produsen mudah membuat Soto.
W (Weakness) 
a. Banyak Saingan
Usaha Soto adalah usaha yang memiliki banyak saingan. 
b. Tidak tahan lama
Bagaimanapun Soto adalah produk yang tidak tahan lama. Jika tidak habis dijual ia akan basi.
O (Opportunity) 
a. Penjualan “SOTO SEDAP” memiliki peluang yang cukup besar, seperti yang telah produsen paparkan sebelumnya bahwa “SOTO SEDAP” mempunyai cita rasa yang khas nan unik dari Soto biasa, karena menggunakan resep unik.
b. Ditempat di mana kami memasarkan “SOTO SEDAP” ada banyak konsumen (siswa) yang sebagaiman produsen ketahui bahwa sebagian besar mahasiswa menyukai makanan Soto.


T (Threat)
a. Banyak pesaing baik dari penjual Soto sendiri atau juga dari pesaing makanan sejenis seperti bakso dan soto.
b. Dalam memproduksi “SOTO SEDAP” memungkinkan pihak lain “mencuri” resep unik ini, dikarenakan bahan dan proses pembuatannya yang mudah.

IV. SELAYANG PANDANG 

4.1. Bidang usaha : Usaha Soto
4.2.Nama : SOTO LADID
4.3. Status Usaha : Ritel/usaha kecil
4.4.Tempat produksi : Dusun Baregbeg, Rt 01 Rw 01. Desa Baregbeg, Kec. Baregbeg, Kab. Ciamis.
4.5 Tempat Berjualan: Menggunakan gerobak. Tempat mangkal, lingkungan sekitar SMA N 1 Baregbeg


V. BAHAN BAKU

5.1. Bahan utama
 1 ekor ayam utuh (bersihkan)
 200 gram kol
 200 gram tauge (rebus sebentar)
 4 buah kentang (rebus atau kukus, kupas, dan goreng)
 2 buah tomat
 50 gr soun (rendam dalam air panas)
 3 telur rebus
 2 liter air
 bawang goreng




5.2. Bahan pelengkap
Bumbu:
 3 lembar daun jeruk
 2 batang serai
 2 lembar daun salam
 1 batang daun bawang
 25 gram lengkuas
 2 sdm minyak goring

Bumbu yang dihaluskan:
 5 gram kunyit
 4 buah kemiri
 15 gram jahe
 3 buah bawang merah
 2 siung bawang putih
 ½ sdt merica
 2 sdm garam



VI. PEMBIAYAAN (PERMODALAN)

6.1. Modal Pembelian Peralatan
Dalam memulai usaha soto ini tentu saja kita memerlukan peralatan-peralatan untuk produksi soto. Peralatan ini cukup dibeli sekali ketika pertama kali memulai usaha. Diantara peralatan tersebut adalah :
No Peralatan Harga
1. Pisau Rp. 10.000,-
2. Plastik 2 kg Rp. 5.000,-
3. Meja Kokoh Rp. 500.000,-
4. Timbangan Rp. 25.000,-
5. Kompor Rp. 200.000,-
6. Panci standar mie Rp. 50.000,-
7. Serokan mie Rp. 15.000,-
8. Baskom 3 buah Rp. 45.000,-
9. Sendok, mengkok, sumpit Rp. 150.000,-
10. Mixer standar Rp. 200.000,-
11. Rolling pint/gilingan kayu Rp. 10.000,-
12. Gerobak satu set Rp. 2.000.000,-
13. Bangku 2 buah Rp. 300.000,-
14. Kompor Rp. 200.000
Total Rp. 3.710.000,-

VII. Modal Promosi
Dalam memulai usaha, apalagi bila pertama kali, peranan promosi sangatlah penting. Dengan promosi inilah diharapkan ada banyak pelanggan yang tertarik membeli produk kita.

No Bentuk Promosi Satuan Harga
1. Banner Menu 2x1 M 1 buah Rp. 75.000
2. Spanduk (banner) Promosi 3 x1 M 1 buah Rp. 100.000
3. Promosi di Majalah Sekolah 3 kali, 3 slot Rp. 225.000
3. Selebaran 200 lembar Rp. 40.000
4. Radio 20 slot iklan Rp.300.000
Total Rp.740.000

Jika dijumlahkan maka Modal Peralatan + Modal Promosi = 3.710.000 + 740.000 = Rp. 4.450.000,-




VIII. MENGHITUNG MODAL POKOK DAN LABA-RUGI

8.1. Modal Pokok (HPP)
Perhitungan HPP atau modal pokok Soto adalah berapa biaya modal yang dibutuhkan utuk satu porsi Soto. 

8.1.1. Bahan utama
No Bahan Harga
1.  Daging ayam 200 gram Rp. 8.000,-
2.  Kol
Rp. 10.000,-
3.  tauge 

4.  kentang 

5.  tomat

6.  soun 

Total biaya bahan Rp. 18.000,-

Dengan resep ini akan menghasilkan 18 porsi s mentah ukuran 75 gr.

Rp. 18.000: 18 = _+ Rp. 1.000

8.1.2. Bahan Pelengkap
No Bahan Satuan
1.  5 gram kunyit
Total bumbu
Rp. 9.000
2.  4 buah kemiri

3.  15 gram jahe

4.  3 buah bawang merah

5.  2 siung bawang putih

6.  ½ sdt merica

7.  3 lembar daun jeruk

8.  2 batang serai

9.  2 lembar daun salam

10.  1 batang daun bawang

11.  25 gram lengkuas

13.  2 sdm minyak goring 
14.  3 lembar daun jeruk

Total biaya bahan Rp. 9.000

Modal pokok bumbu ayam = Rp. 9.000/18 = Rp. 500/porsi

Total HPP per porsi Soto
Hpp Soto mentar + bumbu pelengkap = Rp. 1.000 + Rp. 500 = Rp.1.500 

8.2. Biaya Operasional Usaha
Jika kita amati, harga Soto dipasaran berkisar antara Rp. 4000 sampai Rp. 7000. Melihat modal pokok yang dikeluarkan hanya kurang kurang lebih Rp. 1.000, tentunya keuntungan yang diperoleh sangat besar berkali lipat dari harga pokok (HPP).
Akan tetapi, menghitung keuntungan tidak hanya dari harga jual dikurangi modal pokok (HPP). Ada biaya lain yang harus diperhitungkan, yaitu biaya operasional. Biaya operasional adalah biaya rutin yang dikeluarkan untuk operasional sehari. Biaya operasional dapat disisihkan dari total pendapatan yang sudah dikurangi modal pokok. Penyisihan biya operasional dapat dilakukan setiap minggu atau setiap bualnnya. 
Biaya operasioanal yang biasanya dikeluarkan oleh usaha Soto gerobak atau kios kurang lebih adalah. 
No Biaya Operasional Keterangan Besaran perbulan
Beli gas/minyak tanah untuk kompor Gas 3 kilo. 30 x 14.000 = 420.000 Rp. 420.000
Upah Karyawan Perhari @30.000 Rp. 900.000
Sewa tempat (apabila menyewa) Perhari @2.000 Rp. 60.000
Rekening listrik Menyambung dari toko Rp. 20.000
Kemasan plastic 15 x Rp. 2.000 Rp. 30.000
Transportasi Ke pasar Rp. 150.000
Pulsa telepon khusus usaha Rp. 30.000
Bahan pelengkap seperti botol, air kaldu, kecap asin, vetsin, dsb. Rp. 200.000 
Resiko kerusakan mie Rp. 100.000
Mie yang tersisa/tidak terjual Estimasi 7 mangkuk perhari Rp. 290.000
Total Rp. 2.000.000

Total biaya operasional Soto SEDAP adalah Rp. 2.000.000,- Perbulan.


8.3. Penghitungan Laba-Rugi Usaha
Perhitungan laba-rugi usaha Soto SEDAP.
a. Keuntungan kotor : (harga jual-modal pokok) x jumlah penjualan.
Aplikasi : Soto SEDAP setiap hari mampu menjual 50 mangkok Soto dengan harga Rp. 4.000 per mangkuk. Maka keuntungan kotornya adalah :
(4000-1500) x 50 = Rp. 125.000/ hari atau Rp. 3.750.000 perbulan
b. Keutungan bersih = Keuntungan kotor – biaya operasional
= 3.750.000 – 2.000.000
= Rp. 1.750.000,-




IX PENUTUP
5.1. Simpulan
Usaha Soto SEDAP ini cukup menjanjikan. Dengan modal awal sekitar Rp. 5.000.000,- usaha ini bisa meraup omzet Rp. 3.750.000,- perbulan dan keuntungan bersih sekitar Rp. 1.750.000,-. Dengan manajemen yang baik, promosi cantik, pelayanan ramah, insyaAllah akan banyak pelanggan mendatangi gerobak soto.

5.2. Saran
Adapun jika akhirnya memilih usaha penjualan Soto, yang perlu diperhatikan diantaranya, pertama, cari cita rasa atau suasana unik. Ini yang akan membedakan kita dengan para pesaing sehingga pembeli lebih memilih mie kita. Tak kalah penting adalah pelayanan. Pelayanan yang baik, sajian yang cepat akan membuat pelanggan merasa terhormat makan Soto kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar