Sabtu, 12 Oktober 2013

USAHA SABLON KAOS DISTRO DIGITAL

Menikmati kopi dipagi hari sambil bersantai dengan meletakkan kaki kanan bertopang di atas kaki kiri dan mengayunkannya dengan perlahan-lahan bak seorang bos besar dalam perusahaan mimpi. Sambil menghisap sebatang rokok yang ada di tangan, dirasakan hembusan asap yang mengepul telah menyempurnakan alam kemalasannya.
Zaman semakin modern. Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh dunia adalah perubahan. Kebiasaan untuk bermalas-malasan tidak diyakini oleh bangsa Indonesia sebagai kebiasaan yang baik, tidak untuk hari ini saja akan tetapi mulai sejak dahulu kala walau realitas yang ada mengatakan sebaliknya meskipun tidak semuanya.
Zona baru akan kita masuki, konsep yang jelas merupakan salah satu penentu di kompetisi dalam persaingan usaha yang didukung dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berpengaruh pada wawasan dan keterampilan seseorang dan hal itu menjadi salah satu bagian yang menentukan cara pandang dan kualitas hidup bangsa Indonesia. Inilah Indonesia baru yang akan kita kenali sejak hari ini dan seterusnya. Mari kita mulai dengan membuka pikiran untuk menjadi bangsa Indonesia yang berpikir, beriman, dan bergerak.
Satu dari banyaknya ide wirausaha yang merupakan wadah rizki dari Tuhan adalah dengan membuka usaha sablon untuk memproduksi kaos distro. Kaos adalah pakaian sederhana ringan untuk tubuh bagian atas, biasanya lengan pendek dan lengan panjang (T-shirt, disebut demikian karena bentuknya). T-shirt biasanya tanpa kancing dan kerah, dengan leher bulat. Busana ini bisa dikenakan oleh siapa saja, baik pria dan wanita, dan untuk semua kelompok umur, termasuk bayi, remaja, dan dewasa.
Di Indonesia, kata T-shirt diterjemahkan menjadi kaos oblong. Sedangkan T-Shirt atau kaos oblong pada awalnya digunakan sebagai pakaian dalam tentara Inggris dan Amerika pada abad 19 sampai awal abad 20.
Demam kaos oblong yang melumat seluruh bangsa Indonesia lebih-lebih seluruh dunia perlahan namun pasti, T-shirt atau kaos oblong menjadi bagian dari busana keseharian yang dikenakan mulai dari anak kecil hingga orang tua menjadikan eksistensi kaos oblong semakin kukuh dalam kehidupan karena kaos termasuk salah satu dari tiga kebutuhan pokok sandang (kaos), papan, dan pangan.
A. Peralatan
Sablon digital ini memiliki peluang yang bagus pada saat ini dan di masa depan. Apalagi ditunjang dengan modal untuk memulainya yang relative terjangkau, tidak butuh listrik terlalu besar sehingga bisa dilakukan dari rumah. Dengan kemudahan prosesnya, jika anda bisa mencetak hasil desain anda dengan menggunakan printer melalui komputer, anda sudah bisa membuat kaos dengan sablon digital dengan sedikit tambahan mesin press kaos.
Pemilihan alat sablon digital mempengaruhi kelancaran bisnis menjual kaos distro yang Anda jalankan. Seringkali pelaku bisnis sablon digital mengalami kegagalan karena minimnya pengetahuan untuk mendapatkan mesin sablon digital yang berkualitas dengan harga terjangkau. Sangat disarankan untuk melakukan riset terlebih dulu terhadap paket sablon digital yang akan Anda pilih. Hal ini akan memakan waktu lebih lama namun dengan jaminan hasil yang lebih baik dibanding pembelian mesin sablon tanpa perencanaan.
Peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha atau bisnis sablon kaos digital sangat sederhana dan terbilang murah untuk ukuran modal awal usaha:
1     Komputer 1 set (CPU dan monitor)
Standarisasi untuk komputer ini yang penting sih kartu grafisnya atau VGA Card-nya cukup memadai untuk mengolah gambar dengan baik. Karena didalamnya pun harus diinstall beberapa aplikasi pengolah gambar seperti Adobe Photosop, Corel Draw atau Macromedia Freehand yang juga membutuhkan memori agak besar, maka processornya pun juga harus memadai. Kira-kira dengan spesifikasinya minimal Dual Core Processor, 256 mb VGA Card dan 80 gb Harddisk. Harganya berkisar kurang lebih 3 Juta lengkap dengan monitornya.
Salah satu fungsi penting dari komputer yaitu untuk mendesign gambar kaos "DESIGN". Ini perlu inspirasi dan pemahaman yang baik akan kebutuhan customer. Jika desainnya dapat memotret keinginan pasar, yakinlah berapapun produk akan ludes terjual habis. Ada dua tools penting, pertama tentang seluk beluk desain, yang kedua alatnya. Kuasai Corel + Photoshop, boleh juga yang mau agak ribet masuk ke Adobe Illustrator. Akan tetapi Corel dan Photoshop, dua ini sebenarnya sudah cukup, yang paling penting adalah designnya. Ada 3 yang perlu didesain, logo, packaging dan gambar dikaosnya. Ketiganya sangat penting. Jadilah desaigner gambar kaos yang bisa membaca keinginan pasar.
Berikut ada beberapa langkah-langkah cara membuat desain T-Shirt/Kaos
Langkah 1
Buka photoshop anda dan buat dokumen baru ( CTRL+N )
Membuat Desain T-Shirt dan Kaos dengan Photoshop

Langkah 2
Sekarang kita akan membuat bentuk T-shirt menggunakan pen tool dengan pengaturan properties sebagai berikut:

Membuat Desain T-Shirt dan Kaos dengan Photoshop

Lalu buat buat garis-garis memakai pen tool, gunakan screenshoot ini sebagai pedoman pembuatan bentuk. Jika sudah selesai, Anda bisa gunakan pen tool lagi dan edit sesuai dengan yang Anda inginkan.

Membuat Desain T-Shirt dan Kaos dengan Photoshop

Kemudian warnai bentuk t-shirt tersebut dengan warna hitam dengan cara klik kanan pada garis path dan make selections. Buat layer baru lalu tekan tombol Shift + F5 dan pilih use menjadi balck akhiri dengan menekan OK. Untuk menghilangkan seleksi klik pada menu Select > Deselect.

Langkah 3
Gunakan pen tool lagi untuk membuat bayangan, gunakan warna bayangan #828282. Jika Anda kesulitan untuk melihat titik pen tool Anda bisa membesarkan view Anda menggunakan zoom in dengan cara menekan tombol keyboard CTRL + Klik pada area yang ingin diperbesar (gunakan klik + drag sambil menekna tombol CTRL), untuk meperkecil view Anda gunakan CTRL+ALT+Klik. Dan ini hasil path-nya.

Membuat Desain T-Shirt dan Kaos dengan Photoshop 
Bayangan sebelah kiri, di area ketiak.

Membuat Desain T-Shirt dan Kaos dengan Photoshop
Path pada ketiak kanan

Membuat Desain T-Shirt dan Kaos dengan Photoshop

Langkah 4
Sekarang tambahkan bayangan pada bagian bawah, menggunakan cara yang sama pada langkah 3.

Membuat Desain T-Shirt dan Kaos dengan Photoshop

Langkah 5
Dengan beberapa penambahan bayangan menghasilkan gambar berikut. Anda bisa menambahkan bayangan lainnya yang menurut Anda bisa dipakai.

Membuat Desain T-Shirt dan Kaos dengan Photoshop
Langkah 6
Sekarang Anda sudah siap menggunakan desain t-shirt ini untuk dijadikan template. Sehingga desain isi t-shirt dengan mudah dapat dimasukkan dan dijadikan sebagai display. Biasanya untuk model T-Shirt seperti ini (menggunakan photoshop) Anda memasukkan desain isi melalui penambah layer diatas semua layer dan dikombinasikan dengan mode layer. Hasil terakhir sampai memasikkan desain T-shirt adalah sebagai berikut.

Membuat Desain T-Shirt dan Kaos dengan Photoshop
Langkah 7
Jika Anda lebih suka terlihat realistis Anda bisa gunakan Smudge Tool ( R ) pada bayang-bayang yang Anda buat sehingga terlihat seperti kaos nyata. Jika menggunakan opsi ini Anda juga bisa menambahkan bayangan dengan Polygonal Lasso tool (buat acak), warna tetap menggunakan warna yang sama. Pada setiap seleksi buat feather (CTRL+ALT+D) sebesar 5.
Pada T-shirt tambahkan noise (Filter > Noise > Add Noise) agar terlihat tekstur kain sebesar 0,90. Dengan menggunakan cara ini kita bisa menghasilkan desain T-Shirt seperti berikut:

Membuat Desain T-Shirt dan Kaos dengan Photoshop
Finishing, anda bisa menambahkan label dan kain pada leher.

Membuat Desain T-Shirt dan Kaos dengan Photoshop

Jika Anda berminat untuk mengunduh atau download template Blank T-Shirt dan kaos silakan mampir pada artikel berikut. Nah, lantas bagaimana cara membuat desain kaos atau T-Shirt dengan Coreldraw? anda bisa mempelajari keduanya dengan mengunjungi link ini. Untuk media pembelajaran Membuat Desain T-Shirt dan Kaos dengan Photoshop ini, kami menyertakan source code PSD file yang bisa Anda ubah-ubah sesuai dengan keinginan.

2      Printer tinta sublim
Printer ini digunakan untuk mencetak desain dari komputer ke transfer paper atau inkjet paper dengan tinta khusus yaitu tinta sublim. Tinta sublim adalah termasuk tinta koloid yang memliki konstruksi/struktur bahan yang disesuaikan dengan tinta printer epson. Jadi tinta sublim adalah salah satu varian dari tinta pigment dengan kemampuan transfer. Untuk printer awalnya anda bisa mulai membeli Printer Epson Stylus T20E yang langsung di infus diisi tinta sublim. Harganya berkisar 1 jt-an.

3     Mesin hotpress
Mesin inilah yang nantinya akan mentransfer tinta sublim yang telah dicetak di inkjet atau transfer paper ke kaos. Dengan menggunakan tekanan dan panas yang tinggi, tinta sublim dapat berpindah media dengan baik. Harga mesin hotpress ini berkisar 3,5 s/d 9 jt-an. mesin hotpress ini juga banyak yang menyediakannya mulai dari buatan cina, jepang ataupun jerman. Sesuaikan aja sama kantong anda biar gak keteter modalnya.
4     Kaos polos (Combed, cardet atau PE)
Untuk awalnya anda bisa coba stock kaos masing 1 lusin dari kaos combed, kaos cardet dan kaos bahan PE. Gak usah banyak-banyak dulu stocknya, karena nanti dilihat pasarnya juga, karena masing2 kaos beda-beda pasarnya. Kalau sudah terbidik pasarnya baru stock agak banyak. Harganya berkisar 500.000. Pilihlah bahan yang berkualitas, namun sebisa mungkin anda mendapatkannya dengan harga lebih miring.
5      Inkjet paper dan transfer paper
Inkjet paper adalah kertas yang digunakan untuk mentransfer tinta sublim ke kaos yang berbahan dasar Polyester seperti Bahan PE. Hasilnya tajam dan hanya tintanya saja yang akan pindah ke kaos (Kertasnya tidak ikut nempel di kaos). Sedangkan transfer paper untuk kaos yang berbahan combed atau cardet, hasilnya juga tajam, tetapi yang tertransfer adalah tinta beserta dengan lapisan kertasnya.
Kursus Penyablonan

B. Langkah-langkah
  1. Cetak artwork/disain secara mirror (terbalik seperti tulisan AMBULANCE pada mobil ambulan) ke atas kertas transfer
  2. Posisikan cetakan kertas transfer dengan sisi tinta sublimation menyentuh pada sisi kaos dan letakkan pada mesin hot press kaos.
  3. Jepit kaos tsb dengan temperature dengan waktu yang sudah ditentukan (temperature dan waktu tergantung dengan ketebalan bahan kaos, tetapi kisaran waktu biasanya hanya beberapa menit saja)
  4. Lepas kertas tsb dari bahan kaos, dan gambar/tinta sublimation akan pindah/menyatu dengan kaos.
C. Packaging
Anda tau inrda penglihatan? Yaitu mata. Pikirkan dan lakukan bagaimana cara anda membuat suatu kemasan hasil produksi kaos anda tampak cantik dan bagus hingga banyak para konsumen yang akan meliriknya. Tugas anda adalah memanjakan indra penglihatan para pembeli/konsumen dengan desain seunik dan semenarik mungkin, karena indra penglihatan termasuk salah satu yang disebutkan di dalam psykologi bahwa manusia itu berinteraksi dengan lingkungannya menggunakan “sense” yaitu: dengan Indra penglihatan, perasaan, dan pendengaran. Proses ini sangat penting untuk dilakukan, karena pengemasan adalah bagian finishing dari suatu proses produksi, dan ini akan membantu pemsaran hasil produksi kaos anda.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa peluang usaha sablon digital adalah trend terkini bisnis kreatif di bidang percetakan dan desain baju. Segmentasi sablon digital saat ini begitu luas dan hadir hampir di setiap kegiatan masyarakat yang berhubungan dengan distro, seragam sekolah, pakaian kerja, seragam dinas, dan beragam kebutuhan lain di bidang sandang (pakaian). Pastikan Anda tidak ketinggalan trend sablon digital dan berhasil menjadi yang terbaik di era bisnis kreatif!

Sebab untuk menghasilkan kekuatan yang optimal diperlukan lebih dari keberanian yang matang dalam melibatkan diri pada perang produksi dan pemasaran yang genderangnnya ditabuh oleh para pelaku usaha itu sendiri.

Catatan: Analisa harga peralatan, perlengkapan, dan biaya-biaya lain wirausaha / bisnis bisa berubah kapan saja seiring waktu menyesuaikan keadaan ekonomi setiap daerah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar